Pique: Cara Main Spanyol yang Tak Efektif Lagi Harus Direnungkan

Gerard Pique

Spanyol terhenti pada babak 16 besar Piala Eropa dianggap menjadi sebuah momen baik untuk kembali direnungkan masa depan tim. Gerard Pique mengatakan Spanyol harus berbenah.

Spanyol tergusur pada babak 16 besar di Piala Eropa 2016 setelah dikalahkan oleh Italia dengan skor 0-2 pada pertandingan yang berlangsung pada hari Senin (27/6/2016) malam WIB, di Stade de France. Pada pertandingan tersebut, La Furia Roja bermain kurang oke walau mereka mendominasi bola sedikit lebih banyak.

Tim yang di besut oleh Vicente del Bosque hampir tidak memiliki kesempatan yang sungguh membuat lawan terancam, dengan banyak usaha dilakukan dari luar kotak penalti.

Tercatat 14 usaha 8 diantaranya dilepaskan Spanyol dari luar daerah penalti. 5 usaha 3 diantaranya mengarah ke gawang mereka pun adalah usaha yang dilakukan dari jarak jauh. Ini lebih banyak memperlihatkan kalau Spanyol tak mudah masuk kedalam zona penalti Italia.

Langkah mereka yang gagal ke babak perempatfinal ini dinilai Pique semestinya menjadi sebuah masa merenung. Ditambah kalau mengingat di Piala Dunia tahun 2014 yang lalu mereka pungagal pada tahap grup. Pique yakin cara mereka bermain yaitu lebih menguasai laga dan menciptakan serangan dengan bola-bola pendek lewat belakang, mulai tidak efektif saat ini.

“Kami harus membenahinya dengan kolektif. Kami harus pikirkan yang paling baik untuk karier kedepan dari timnas. Jika kami ingin memenangkan titel mayor kembali, kami perlu mengembangkan kualitas,” ucap Pique.

“Kami tak ada di levelnya untuk berselisih mendapatkan gelar. Kami bukan sebuah tim yang paling oke di sini. Walau berupaya tampil dengan gaya yang serupa dengan apa yang sudah kami terapkan pada beberapa tahun belakangan ini, kami tak sama efektifnya seperti saat itu.”

“Kejadian ini dapat menolong kami melangkah ke turnamen lain di depan dengan menyadari kalau kami bukanlah tim yang difavoritkan juara. Kami harus lebih baik lagi pada Piala Dunia di Rusia,” kata pemain bek tengah Barcelona ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *