Setengah Dari Sevilla Akan Hilang

Monchi

Sevilla sedang was-was karena ditinggal oleh otak keberhasilan mereka selama ini, yaitu Direktur Olahraganya Monchi.

Sevilla memang terus menjadi klub yang menyeruak pada perselisihan Real Madrid dan Barcelona paling tidak pada satu dekade terakhir, malah jauh sebelum Atletico Madrid hadir seperti saat ini.

Sevilla yang pernah turun level dapat kembali konsisten di papan atas sedari tahun 2005 dengan deretan para pemain yang dapat dikatakan memiliki kualitas bagus.

Sejumlah nama seperti Sergio Ramos, Dani Alves, dan Jose Antonio Reyes awali “generasi emas” Sevilla. Kemudian ada pula nama Ivan Rakitic, Adriano Correia, Seydou Keita dan Aleix Vidal. Ada Alvaro Negredo, Alberto Moreno, Carlos Bacca, Iago Aspas, dan Aleix Vidal.

Semua pemain tersebut hampir pebih banyak diraih dengan bandrol murah dan kembali dijual dengan harga tinggi pada para klub yang meminatinya. Penjualan paling mahal Sevilla sampai saat ini ialah ani Alves yang dijual dengan harga 24,85 juta poundsterling ke Barca pada tahun 2008, kemudian ada Carlos Bacca (21 juta pound) dan Sergio Ramos (18,9 juta pound).

Walau sering kali tertinggal oleh para pemain bintangnya, Sevilla nyatanya stabil dari prestasinya dengan daoatkan 3 titel Liga Europa secara berturut-turut. Pada musim ini Sevilla malah masuk pada perselisihan papan atas bersama Madrid dan Barca.

Apa yang Sevilla raih sampai saat ini tidak terlepas dari sosok Ramon Rodriguez Verdejo, atau biasa dikenal sebagai Monchi. Pemain yang habiskan masa depannya menjadi pemain Sevilla tersebut tentunya mengetahui seluk beluk klub sampai ia dipilih menjadi Direktur Klub di tahun 2000.

Misinya ialah kembangkan produk akademi klub dan menambah luas langkah para pemandu potensi untuk kumpulkan banyak bakat sepakbola di luar sana dan di dalam Spanyol.

Kerjanya juga ada hasil manis sebab pada 10 tahun terakhir, Sevilla sukses raih keuntungan kurang lebih 200 juta pounds atas penjualan para pemain tersebut. Tetapi tiap awal pasti terus ada akhir dan sama halnya pada Monchi.

Di umurnya yang tepat 17 tahun menjabat tempatnya itu, Monchi berpeluang keluar dari Ramon Sanchez Pizjuan. AS Roma dikatakan menjadi tujuan selanjutnya Monchi.

“Anda tak dapat paksakan seseorang bertahan di posisi yang tak lagi mereka harapkan,” ucap Presiden Klub, Jose Castro Carmona.

Dengan semua yang telah diraih sampai saat ini, Monchi dapat dikatakan setengah dari Sevilla dan layak dinanti seperti apa kedepannya Sevilla tanpa ada sosok orang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *